Buat Website Memakai WordPress



Buat Website Memakai WordPress
Harus diakui, jaman sekarang makin kian banyak orang yang mencari informasi lewat internet. Jika Anda seorang pemasar, agen properti, sales mobil, pengusaha, pegiat network marketing, ataupun pebisnis online, maka memiliki website lama-lama akan menjadi kebutuhan sebagai sarana promosi online. Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat website menggunakan WordPress di WordPress.com.
Mengapa saya memilih WordPress? Silahkan baca artikel ini:
Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa aplikasi WordPress mempunyai dua versi, yakni:
  1. WordPress Instan (WordPress.com)
  2. WordPress Instal (WordPress.org)
WordPress Instan bisa kita dapatkan dengan cara membuat akun di WordPress.com, sedangkan WordPress Instal bisa kita dapatkan dengan cara menginstal di hosting milik sendiri (self hosted).
Biasanya saya menyarankan pada klien website dan peserta pelatihan website privat untuk membiasakan diri dengan tampilan admin WordPress, dengan cara membuat blog di WordPress.com, supaya nanti mudah mengelola website WordPress self hosted mereka secara mandiri.
Dan saya juga menyarankan pada Anda, terutama yang ingin terjun di bisnis online dan yang masih minim pengetahuan tentang website, yakni pelajarilah cara membuat website menggunakan WordPress dengan mendaftar di akun WordPress.com dan sering-sering berlatih menggunakannya.
Mengapa..? Karena layanan WordPress.com ini gratis. Sedangkan WordPress self hosted mensyaratkan Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri, yang tentu ada biayanya. Coba klik link berikut ini untuk mengetahui harganya.
Omong-omong, sahabat saya Handoko Tantra sudah membuat panduan berupa modul kursus WordPress terlengkap khusus pemula dalam bentuk video berkualitas HD dengan audio yang jernih. Dan jangan khawatir, semua pakai bahasa Indonesia. Nah, bila Anda berminat, Anda bisa klik gambar di bawah ini (aff) :
Tutorial WordPress Pemula
Oke, masih bersama saya? Mari kita lanjut ke topik utama..

Cara Membuat WordPress Di WordPress.Com

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1). Klik link ini >> www.WordPress.com. Setelah terbuka, klik tombol “Sign Up”.
2). Pilihlah nama blog Anda. Ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi blog WordPress.com Anda.
Catatan: Anda bisa melewati bagian ini, karena kita bisa memiliki akun WordPress.com saja tanpa harus memiliki blog.
3). Jika alamat blog yang Anda pilih tersedia, akan muncul tanda cek warna hijau.
4). Selanjutnya, pilih nama username yang Anda sukai. Ingat baik-baik, jangan sampai lupa. Karena username ini akan Anda gunakan untuk masuk ke area kontrol panel blog milik Anda.
5). Sekarang saatnya memasukkan password. Buatlah sedikit unik, yang kira-kira Anda selalu ingat namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.
6). Selanjutnya, tambahkan email untuk melengkapi registrasi. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu. Bisa di Yahoo, Google, atau yang lain. Tandai kotak kecil di bawah jika Anda ingin mendaftar ke newsletter WordPress.com untuk mendapatkan update terbaru.
7). Klik tombol “sign up”, dan WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.
8). Nah, sekarang buka email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yang dikirimkan oleh WordPress.
9). Jika belum berhasil, lakukan pendaftaran ulang seperti langkah-langkah di atas.
10). Nah, apabila akun Anda sudah aktif, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini.
Ya, begitulah cara membuat website WordPress di WordPress.com secara singkat.
Ingat! Yang terpenting adalah Anda harus membuka email dan melakukan konfirmasi bahwa Anda telah mendaftar di WordPress.com (langkah no.8). Itu terpaksa saya cetak tebal karena di bagian ini orang sering terlewatkan atau bahkan lupa.

Cara Menggunakan WordPress

Baiklah, selanjutnya mengenai bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa membaca tutorial singkat yang pernah saya buat pada artikel berikut ini dan download file panduan yang ada di dalam artikel:
Dan jika Anda sudah cukup mahir dan mulai terbiasa menggunakan WordPress, Anda bisa mulai membeli domain dan menginstal WordPress di hosting milik Anda sendiri. Panduan ini mungkin bisa membantu.
Oke, saya rasa itu dulu yang bisa sampaikan kali ini. Silahkan tinggalkan balasan atau beri tanggapan jika ada yang ingin disampaikan.
Dan apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, bantu saya dan bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, supaya lebih banyak orang yang bisa memanfaatkan teknologi internet dan membuat website untuk kebaikannya.




Sumber : TI
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Galih Oviedo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger